Metode Pelaksanaan Pondasi Bored pile dan Strauss pile Manual "JAKARTA"

Cara Pelaksanaan Jasa Pondasi Bored Pile dan Strauss Pile 

Jasa pondasi bor pile dan pondasi strauss pile manual didalam pengerjaan dan proses pembuatannya, tentu ada tahap dan cara pelaksanaan atau bisa disebut juga dengan metode kerja. Dengan tujuan agar hasil pengeboran dan kualitas tiang pondasi bore pile menjadi kuat dan kokoh, sehingga bangunan yang nantinya didasari dengan pondasi yang kokoh akan berdiri secara kuat dan tahan akan guncangan dan resiko penurunan tanah. Hal itu harus di penuhi dengan metode pengerjaan bor pile yang benar dan tepat, dan jangan lupa mutu beton untuk pengecoran bore pile juga harus di perhatikan. 
jasaborpile.info"bor pile"
Sketsa pondasi bor pile


PONDASI BORE PILE

Pengertian dari jasa pondasi bor pile adalah tiang pondasi yang sejenis dengan pondasi dalam yaitu berbentuk tabung yang mempunyai fungsi meneruskan beban struktur bangunan diatasnya, mulai dari permukaan tanah sampai dengan lapisan tanah paling keras yang ada dibawahnya. Pondasi bore pile mesin mini ini memiliki fungsi yang sama dengan tiang pancang atau pondasi dalam lainnya. Perbedaan diantaranya adalah terletak pada jenis alat yang digunakan dan cara pelaksanaan atau metode dalam pengerjaannya. 

Pada metode pelaksanaan jasa pondasi bore pile mini pada umumnya dimulai dengan pengeboran atau pembuatan lubang di permukaan tanah dengan proses pengeboran kemudian di teruskan dengan penginstalan besi tulangan ke dalam lubang bor dan dilanjutkan dengan proses pengecoran bor pile dengan cara yang benar dan tepat. Dan alat yang digunakan pada pembuatannya juga berbeda, pada bored pile metode mesin mini biasa menggunakan alat yang disebut mini crane dan ada juga alat bor pile gawangan. Lihat pada gambar dibawah. 
http://www.jasaborpile.info/"bor mesin mini"
alat bor mesin mini crane

Ada beragam jenis alat dan cara untuk pelaksanaan pembuatan pondasi bor pile. Yang akan saya bahas disini adalah metode bore pile menggunakan Alat Bore Pile mesin mini crane. Dengan menggunakan alat ini bisa dilakukan pengeboran dengan diameter 30cm sampai 60cm dengan pilihan kedalaman 6 meter sampai 24 meter bahkan lebih. Yaitu dengan cara menggunakan wash boringbor basah

Pada metode Wash boring pondasi bor pile ini tentunya membutuhkan air yang cukup banyak , dengan dilihat dari namanya saja sudah metode bor basah. Dengan tujuan untuk mempermudah pelaksanaan pekerjaan bor pile supaya bisa menembus lapisan tanah pada kedalaman diatas 9 meter. 

Dalam bangunan gedung, jembatan, tower dan bangunan lainnya yang di dirikan tentunya membutuhkan pondasi yang kuat dan kokoh. Apabila kondisi tanah di permukaan tidak mampu menahan beban bangunan, maka beban harus di lanjutkan ke lapisan tanah keras di bawahnya memakai konstruksi pondasi dalam berupa tiang pancang atau bore pile . 
http://www.jasaborpile.info/"alat bor pile"
Diesel pemutar Bor

Pondasi tiang pancang sering di fungsikan pada pekerjaan pondasi dengan lahan yang luas dimana getaran yang ditimbulkan dan masalah keamanan tentang pelaksanaan sudah beres. Pada pelaksanaan pancang biasa menggunakan alat berat berupa droph hammer, yang tentunya tidak cocok apabila digunakan pada lokasi perkotaan dengan padat penduduk. Namun jika permasalahan diatas masih ada kendala entah itu tentang mengganggu masyarakat sekitar karena getaran alat drop hammer atau keamanan lingkungan, maka dengan kondisi yang sedemikian rupa dengan pemakaian pondasi jenis bor pile mesin mini merupakan pilihan pondasi yang tepat, karena alat yang digunakan sangat ramah lingkungan dan bisa mengerjakan pada lahan yang sempit. 

Sering dijumpai untuk proyek dengan skala besar dimana sarana transportasinya mendukung dalam pembuatan bore pile, sering digunakan alat berat berupa bore pile crane ( umumnya dengan diamater diatas 100cm ). Namun untuk proyek kecil apalagi jika sarana transportasinya kurang mendukung, maka penggunaan crane sering mengalami kendala karena untuk mobilisasinya dibutuhkan dana yang cukup besar, sehingga biaya operasional menjadi tidak ekonomis lagi. Tetapi dengan jasa pondasi bore pile mini semua permasalahan diatas bisa teratasi. 

PROSES PENGEBORAN BORE PILE


  • Pengeboran dengan sistem bor kering / dry drilling : Tanah di bor dengan menggunakan mata bor spiral. Dengan cara memutar mata bor dan diangkat setiap interval 0,5meter. Hal ini dilakukan berulang-ulang sampai kedalaman yang telah ditentukan.
http://www.jasaborpile.info/"bor pile mini"
Alat Bore pile mini

  • Pengeboran dengan sistem bor basah / wash boring : Tanah di bor dengan menggunakan mata bor cross bit yang memiliki kecepatan putar 375 rpm dan tekanan +/- 200 kg. Jika tanah dalam keadaan mudah runtuh dapat diberi chasing terlebih dahulu untuk menghindari kelongsoran pada dinding lubang hasil pengeboran. Pengikisan tanah dibantu dengan tembakan air lewat lubang stang bor yang dihasilkan dari pompa NS-80. Hal ini menyebabkan tanah yang terkikis menjadi lumpur dan terdorong keluar dari lubang. Setelah mencapai kedalaman sesuai rencana, pengeboran dihentikan, sementara mata bor dibiarkan berputar tetapi beban penekanan dihentikan dan air sirkulasi tetap mengalir terus sampai serpihan tanah terdorong keluar dari lubang seluruhnya. Selama pembersihan ini berlangsung, baja tulangan dan pipa tremi sudah disiapkan di dekat lubang bor. Setelah cukup bersih, stang bor diangkat dari lubang bor pile. Dengan bersihnya lubang bor pile maka kualitas pengecoran akan mendapatkan hasil yang terbaik.

    PEMBERSIHAN LUBANG BOR PILE

    Tahap kedua adalah pembersihan lubang bor dari lumpur pekat yang dihasilkan dari proses pengeboran. Pembersihan harus dilakukan dengan alat pembersih khusus yang dinamakan cleaning bucket dengan ukuran yang sesuai dengan diameter lubang bor. Sebelum dan sesudah melakukan pembersihan harus dilakukan pengukuran dasar lubang bor menggunakan alat ukur dengan tujuan untuk memastikan lubang bor sudah bersih.

    PEMASANGAN BESI TULANGAN DAN PIPA TREMI BOR PILE

    Tahap ketiga adalah pemasangan besi beton dan pipa tremi untuk pengecoran. Pipa tremi adalah pipa dengan ukuran 4 inc yang berfungsi untuk menghantar adukan beton sampai ke dasar pengeboran dan memisahkan antara adukan beton dan sisa air keruh yang tersisa. 

    Proses selanjtnya yaitu mengangkat kerangka baja tulangan yang telah di instal dengan bantuan diesel dan power winch dalam posisi tegak lurus terhadap lubang bor dan diturunkan dengan hati-hati agar tidak terjadi banyak singgungan dengan lubang bor.
    http://www.jasaborpile.info/
    Pembesian


    Baja tulangan yang telah dimasukan dalam lubang bor ditahan dengan potongan tulangan melintang lubang bor ( lihat pd gambar diatas ). Bila kebutuhan baja tulangan lebih dari 12 meter bisa dilakukan penyambungan dengan diikat dengan kawat beton dengan panjang overlap 50-60cm. 

    PENGUKURAN KEMBALI KEDALAMAN BORE PILE

    Setelah proses pemasangan besi tulangan selesai maka harus dilakukan pengukuran kembali kedalaman lubang pengeboran. Apabila dalam pengukuran terjadi kedalaman lubang bor kurang bila dibandingkan dengan kedalaman pada saat proses pembersihan selesai, maka besi tulangan yang sudah terpasang harus dikeluarkan kembali dan dilakukan pembersihan ulang. Setelah semua sudah benar dan lancar maka pada tahap selanjutnya dilanjutkan dengan pengecoran.

    PENGECORAN BORE PILE

    Pada tahap pelaksanaan yang keempat adalah cara pengecoran bore pile yang benar, yaitu :
    • Pada proses pengecoran, hal pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan lumpur limbah pengeboran dengan cara maka menggunakan plastik yang sudah berisi adukan beton dan diikat dengan kawat beton dan digantungkan didalam bagian pipa tremi. 
    • Setelah proses yang pertama tadi selesai maka selanjutnya beton ditampung didalam corong tremi dan ditahan oleh bola plastik yang berisi adukan beton, setelah bola kantong plastik cukup terisi penuh kemudian dilepas agar beton mendorong lumpur yang ada di lubang tremi. Dengan menggunakan tremi manfaatnya untuk pengecoran bor pile ini adalah bisa mendorong air dan lumpur dari bawah menuju keluar lubang. 
    • Kemudian setelah pipa tremi penuh dan ujung pipa tremi tertanam beton sehingga beton tidak dapat mengalir karena ada tekanan dari bawah. Untuk memperlancar adukan beton didalam pipa tremi,  maka harus dilakukan hentakan-hentakan pada pipa tremi. Pipa tremi harus selalu tertanam di dalam adukan beton dan pengisian di dalam corong harus dijaga terus menerus agar corong tidak kosong. 
    • Setiap 3 meter pipa tremi harus dilepas akan tetapi ujung pipa didalam harus dalam keadaan tertanam didalam beton. Pengecoran dihentikan apabila sudah dipastikan adukan yang naik di permukaan sudah pasti bersih dari lumpur. 
    • Setelah proses pengecoran pada satu titik selesai kemudian perangkat pengecoran dibersihkan untuk persiapan pada titik yang lain agar tidak terjadi beton yang kering didalam pipa. 

    PONDASI STRAUSS PILE [ bor pile manual ]

    http://www.jasaborpile.info/"strauss pile"
    Strauss pile
    Pondasi strauss pile { bor pile manual } hampir sama persis dengan bore pile, yang membedakan hanya pada cara pelaksanaan dan alat yang digunakan. Pada strauss pile ini menggunakan alat yang sangat sederhana dan tenaga yang digunakan yaitu manusia, maka dari itu strauss pile biasa disebut juga dengan pondasi bor pile manual
    http://www.jasaborpile.info/"strauss pile"
    jasa bor pile manual
    Untuk melakukan tahap pelaksanaanya juga hampir sama, tetapi bor pile manual ini lebih sederhana dan harganya lebih murah dan terjangkau bila dibandingkan dengan bore pile mesin
    www.jasaborpile.info"strauss pile besi"
    pembesian strauss pile
    Untuk tahap pengeboran strauss pile yang pertama yaitu persiapan alat, proses pengeboran, dan pengecoran bor pile manual ditempat. Untuk lebih jelasnya mengenai tahap metode strauss pile yang sudah saya rangkum secara jelas bisa baca disini

    Demikian penjelasan Pelaksanaan pondasi bor pile dan strauss pile ( bor pile manual ) secara benar dan tepat menurut pengalaman kerja yang kami lakukan. Semoga bermanfaat bagi semua. 

    Bagi anda yang sedang mencari jasa bor pile maupun strauss pile/bor pile manual dengan metode/ pelaksanaan yang tepat serta didukung alat yang memadai dan tenaga profesional serta berpengalaman dengan harga murah bersaing :

    Jasa Bor pile dan Strauss Pile

    HUBUNGI ANGGA
    CALL : 082137083183

    jl. Sunter muara 2 no.35
    Sunter Agung. Jakarta utara
    DKI JAKARTA

    keyword : jasa bore pile | jasa bor pile | bor pile murah | bor pile Jakarta | tukang bor pile | biaya bor pile | bor pile manual | bore pile manual | alat bor pile | bor pile mesin mini | alat bor mini | jasa galian | pengurugan | jasa cut and fill | jasa urugan | bor pile | strauss pile jakarta