Perhitungan Harga Jasa Bore Pile Mini Terbaru 2019

PERHITUNGAN HARGA JASA BORE PILE - Disini saya akan menguraikan hal apa saja yang mempengaruhi perhitungan harga pada jasa pembuatan pondasi bore pile menggunakan alat mini. Umumnya harga jasa bore pile di hitung berdasarkan per meter lari atau per meter kedalaman. Misal satu titik bore pile berkedalaman 10 meter, maka harga per titik adalah 10 meter di kalikan harga per meter sama dengan harga per titik. Misalkan kita ambil contoh suatu pekerjaan bore pile dengan masing - masing kedalaman 10 meter dengan volume 200 titik dengan harga jasa bore pile Rp 120.000 per meter. Maka perhitungannya yaitu, ( 200 titik x 10 meter ) = 2000 meter lari, dan di kalikan harga jasa bore pile per meter yaitu Rp 120.000. Maka total biaya untuk upah jasa bore pile yaitu sebesar Rp 240.000.000.

alat bor pile
Alat bore pile mini
Sebelum kita jauh - jauh menghitung harga jasa bore pile maka terlebih dahulu saya akan menjelaskan atau menguraikan pengertian dari bore pile, yaitu bored pile adalah suatu jenis pondasi yang merupakan kategori dari pondasi dalam yang mempunyai multi fungsi yaitu menyalurkan beban pada kontruksi bangunan di atas permukaan tanah sampai dengan lapisan tanah keras atau bebatuan. Pondasi bore pile ini memiliki bentuk panjang dan berbentuk tabung yang didalamnya pondasi tersebut sudah terdapat perkuatan menggunakan rangkaian besi dan di cor di tempat. 

Pondasi bore pile biasa di applikasikan pada pondasi gedung bertingkat, pondasi pembuatan struktur jembatan, pondasi pada rumah tempat tinggal & ruko 2 lantai sampai dengan 6 lantai, sebagai pondasi turap atau existing, dan masih banyak lagi kegunaannya. 

Perhitungan harga jasa bore pile di pengaruhi dengan hal - hal berikut : 

Diameter Bore Pile dan Pembesian
diameter bor pile
Diameter bore pile yang sudah dimasukkan fabrikasi besi

Diameter pada pekerjaan jasa bore pile bervariasi yaitu 30cm, 40cm, 50cm, 60cm, 80cm. Besar kecilnya diameter bor pile mempengaruhi harga jasa pembuatan pondasi bore pile, semakin besar diameter yang dikerjakan maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar juga. Dikarenakan semakin besar diameter bore pile maka untuk waktu yang di tempuh akan semakin lama. Begitu juga dengan spesifikasi pembesian, semakin besar ukuran besi dan banyaknya berapa batang maka biaya jasa semakin besar pula. 

Kondisi Tanah Lokasi

bor pile kering
Kondisi tanah merah tergolong tanah yang padat dan bagus untuk pembangunan suatu bangunan

Kondisi tanah atau kontur tanah tiap lokasi pekerjaan bore pile pasti akan berbeda jenisnya, maka untuk mengetahuinya disarankan sebelum mulai pekerjaan pengeboran maka melakukan soild tes tanah terlebih dahulu, agar bisa terbaca data tanah di suatu lokasi tersebut. Yang mempengaruhi harga pekerjaan bore pile adalah seberapa tingkat kekerasan lapisan tanah tersebut, misal harga pada pengeboran dengan data tanah dengan SPT - 40 tentunya akan berbeda dengan SPT - 50. Semakin keras tingkat kekerasan maka akan menambah biaya jasa pengeboran. 

Volume Pekerjaan
struktur bore pile
Gambar struktur bore pile

Hal yang mempengaruhi harga jasa bore pile antara lain adalah volume pengeboran tersebut dihitung dari berapa meter total pekerjaan. Karena alat pada pekerjaan jasa bor pile diberlakukan adanya biaya cas minimum apabila pekerjaan kurang dari volume minimum order yang ditentukan. 

Tingkat Kesulitan
bore pile
Pekerjaan bore pile menggunakan bagan/dudukan

Tingkat kesulitan disini bisa dilihat dari kondisi lapangan dan jenis pekerjaan tersebut. Misal pada pekerjaan di perumahan dengan lahan yang luas dan rata maka akan berbeda biayanya dengan pekerjaan pengeboran yang mengharuskan menggunakan bagan sebagai dudukan alat agar bisa dilaksanakan pekerjaan pengeboran. Sebagai contoh pekerjaan bore pile yang berlokasi diatas sungai. Disini tentunya biaya untuk pengeboran di atas dudukan bagan akan lebih tinggi dikarenakan mempunyai resiko dan tingkat kesulitan yang tinggi. 

Metode Pengeboran
bor pile kering
bor pile metode kering

Dalam pekerjaan jasa bor pile terbagi menjadi 2 metode pengeboran, yaitu metode wash boring / bor basah dan dry drilling / bor kering. Bor kering biayanya lebih mahal dibandingkan dengan bor basah, dikarenakan dalam pelaksaannya metode bor basah akan lebih pengerjaannya bila dibandingkan dengan bor kering. Maka itu kebanyakan atau yang sering digunakan / dipilih menggunakan metode bor basah. Selain harga lebih efisien juga cepat dalam pengerjaannya. 

Jarak
Mobilisasi alat bore pile
Mobilisasi alat bore pile

Yang dimaksud jarak disini adalah lokasi workshop dengan lokasi proyek pekerjaan bore pile. Apabila pekerjaan pengeboran berada di luar daerah atau luar Jawa maka biayanya akan lebih tinggi bila di bandingkan dengan di lokasi workshop yang berada di Jakarta. 

Harga diluar perhitungan diatas adalah : 
  • Mobilisasi alat bore pile
  • Bobokan ex bangunan lama ( apabila mengganggu jalannya pekerjaan bor pile )
  • Pembuatan bak sirkulasi air pengeboran
  • Pembuangan limbah pengeboran
  • Pengadaan material
Untuk perlu diingat : "Untuk mendapatkan hasil pondasi yang kuat dan kokoh tidak harus mengeluarkan biaya yang besar bila dikerjakan dengan metode bor pile yang benar dan dikerjakan oleh tenaga ahli dibidangnya". Disini kami selalu meningkatkan kualitas dari waktu ke waktu agar konsumen pemakai jasa pembuatan pondasi bore pile kami merasa puas dan tentunya mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Yaitu dengan hasil pondasi yang kuat, kokoh, dan tepat dalam pemilihan pondasi. 



Untuk Jasa Bore pile dan Strauss Pile silahkan : 
HUBUNGI ANGGA 
CALL   : 0821-3708-3183 (clik WA)
EMAIL : morodadi.contractor@gmail.com 

MORODADI CONTRACTOR
Jl. Sunter Muara no.35
Sunter Agung, Tanjung Priok.
Jakarta Utara. 


Keyword terkait : jasa bore pile, bore pile, metode bore pile, harga jasa bore pile, perhitungan bore pile, strauss pile, bore pile manual, biaya jasa bore pile