PENGERTIAN DAN PEMILIHAN JENIS PONDASI BANGUNAN RUMAH

Pemilihan jenis pondasi bangunan rumah


Sebelum mengenal pondasi jenis pondasi dalam, dahulu banyak orang yang masih menggunakan pondasi seperti : pondasi batu kali, crucuk bambu, pondasi tapak, dll. Tetapi untuk era modern ini yang banyak diminati dan masuk kategori pondasi yang kuat dan kokoh adalah pondasi bor pile dan strauss pile / bor pile manual sebagai pemilihan pondasi yang tepat untuk pekerjaan pondasi bangunan rumah modern. Karena pondasi jenis ini bisa meminimalisir akan turunnya konstruksi tanah dan retakan pada dinding bangunan. 

Pengertian Pondasi adalah kontruksi yang paling terpenting pada suatu bangunan. Karena pondasi berfungsi sebagai "penahan seluruh beban (hidup dan mati ) yang berada di atasnya dan gaya – gaya dari luar". Pondasi merupakan bagian dari struktur yang berfungsi meneruskan beban menuju lapisan tanah pendukung dibawahnya. 

Dalam struktur apapun, beban yang terjadi baik yang disebabkan oleh berat sendiri ataupun akibat beban rencana harus disalurkan ke dalam suatu lapisan pendukung, dalam hal ini adalah tanah yang ada di bawah struktur tersebut. Beton bertulang adalah material yang paling cocok sebagai struktur pondasi beton bertulang maupun bangunan baja, jembatan, menara, dan struktur lainnya. Beban dari kolom yang bekerja pada pondasi ini harus disebar ke permukaan tanah yang cukup luas sehingga tanah dapat memikul beban dengan aman. Jika tegangan tekan melebihi tekanan yang diizinkan, maka dapat menggunakan bantuan tiang bore pile atau strauss pile untuk membantu memikul tegangan tekan pada dinding dan kolom pada suatu struktur. 

Baca : Metode pelaksanaan pondasi bore pile

Penggunaan bore pile sendiri untuk kedalaman bisa mencapai 25 meter atau lebih dikarenakan pelaksanaan bor pile ini menggunakan metode dengan alat bor pile mesin mini. Sedangkan untuk memikul tegangan pada rencana gedung/rumah 2 sampai 3 lantai biasanya menggunakan pondasi strauss pile/bor pile manual. Dikarenakan pondasi jenis strauss ini cara pengerjaannya menggunakan tenaga manusia atau manual. Kedalamannya hanya mencapai rata-rata 6 meter dan diameter maximal 35cm. 

https://www.jasaborpile.info
PONDASI BORE PILE

Dengan memperhatikan faktor-faktor dalam pemilihan pondasi bangunan terdapat juga syarat-syarat umum dari pondasi yaitu :

  1. Kedalaman harus memadai untuk menghindarkan pergerakan tanah lateral dari bawah pondasi khususnya untuk pondasi telapak dan pondasi rakit. 
  2. Kedalaman harus berada dibawah daerah perubahan volume musiman yang disebabkan oleh pembekuan, pencairan dan pertumbuhan tanaman. 
  3. Sistem harus aman terhadap penggulingan, rotasi, penggelinciran atau pergeseran tanah. 
  4. Sistem harus aman terhadap korosi atau kerusakan yang disebabkan oleh bahan berbahaya yang terdapat didalam tanah. 
  5. Sistem harus mampu beradaptasi terhadap beberapa perubahan geometri konstruksi atau lapangan selama proses pelaksanaan perlu dilakukan. 
  6. Metode pemasangan harus seekonomis mungkin. 
  7. Pergerakan tanah keseluruhan dan pergerakan diferensial harus dapat ditolerir dan elemen pondasi dan elemen bangunan atas. 
  8. Pondasi dan konstruksinya harus memenuhi syarat standar untuk perlindungan lingkungan.

Baca : Metode kerja Strauss pile


Pemilihan pondasi berdasarkan pada daya dukung tanah. 

  • Bila tanah keras terletak pada permukaan tanah atau 2-3 meter di bawah permukaan tanah maka jenis pondasinya adalah pondasi dangkal. (misal: pondasi jalur, pondasi telapak atau pondasi strauss pile). 
    www.jasaborpile.info
    Pekerjaan strauss pile
  • Bila tanah keras terletak pada kedalaman sekitar 10 meter atau lebih di bawah permukaan tanah maka jenis pondasinya adalah pondasi tiang minipile, pondasi sumuran atau pondasi bore pile. 
    www.jasaborpile.info
    Pekerjaan bore pile
  • Bila tanah keras terletak pada kedalaman 20 meter atau lebih di bawah permukaan tanah maka jenis pondasinya adalah pondasi tiang pancang atau pondasi bore pile.

Baca : Keuntungan pondasi bore pile

Anda tidak perlu bingung mencari jasa bore pile maupun strauss pile/bor pile manual. Karena kami bekerja secara profesional dan tenaga ahli dalam bidangnya dengan harga kompetitif. Untuk berkonsultasi atau ingin memakai jasa kami. 


Keyword : jasa bore pile | jasa strauss pile | bore pile | bor pile | bored pile | bor pile manual | bor pile mesin | strous pile | jasa bor pile | pemilihan pondasi